Senin, 02 Mei 2011

Catatan Peserta dari Kemenag KSB : Observasi Lapangan Peserta Diklat TIK ke STIKES Bali

Setelah menerima materi tentang pemanfaatan IT selama seminggu, peserta Diklat TIK bagi PNS Kementerian Agama lingkup Kanwil Kemenag Bali, NTB, dan NTT, serta IHDN Denpasar, IAIN Mataram, dan STAHN Gde Pudja Mataram tadi pagi (2/5)mengunjungi kampus STIKES Bali. Rombongan berangkat dari Kampus I Balai Diklat Keagamaan Denpasar langsung menuju kampus STIKES Bali dengan menggunakan bus pariwisata yang telah disiapkan oleh panitia.

Sesampai di lokasi, rombongan langsung diajak menuju convention hall kampus STIKES Bali yang terletak di lantai 4. Namun sebelum menuju aula (convention hall), rombongan yang baru memasuki gedung kampus dibuat merasa kagum dengan style bali yang sunggguh megah seperti sebuah hotel berbintang. Mulai masuk di lobby saja suasana penuh kenyamanan dan nuansa asri sudah terasa, lebih - lebih ketika peserta masuk ke convention hall, layaknya sebuah convention hall milik sebuah hotel berbintang. Sangat nyaman dan penuh cita rasa nilai sebuah seni arsitektur. Informasi dari web resmi yang dimiliki kampus ini diketahui bahwa Aula/convention hall STIKES Bali adalah aula yang termegah di Kopertis Wilayah VIII.

Peserta yang langsung disambut oleh Ketua STIKES Bali, Drs. I Ketut Widia, BN.Stud., MM diperkenalkan sejarah singkat dan kondisi terkini dari kampus ini.Setalah acara penyambutan selesai, rombongan diajak menuju lab komputer. Didampingin oleh 3 orang staf yang menangani IT kampus STIKES Bali, peserta Diklat melakukan pendalaman materi tentang pemanfaatan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) sekaligus mengasah lebih jauh lagi bekal ilmu yang di dapat selama mengikuti pembelajaran di kelas. 3 hal pokok yang disharing dalam observasi lapangan tersebut yaitu : pertama mengenai sistem data base, kedua mengenai maintenance/perawatan sistem, dan yang ketiga mengenai pemanfaatan internet.

Peserta tampak antusias dalam menggali wawasan baru yang nantinya tentu akan sangat bermanfaat untuk menunjang optimasi pelaksanaan tugas ditempat kerja masing - masing. Hal ini terbukti dari antusiasme peserta yang terus mencoba bertanya, mencoba mengkomparasikan apa yang diperolah dari teori dan praktekdi kelas dengan aplikasi langsung di lapangan.

Seusai dari laboratorium komputer, peserta diajak mengunjungi lab lainnya, yaitu lab audio visual sebagai tempat mahasiswa STIKES Bali mengadakan pendalaman materi sebelum praktek di laboratorium lainnya. Dalam kesempatan ini juga, rombongan memperoleh kesempatan mengunjungi laboratorium lainnya.

Setelah melakukan kunjungan ini, peserta secara berkelompok memiliki kewajiban untuk membuat laporan dan mempresentasikan hasil observasi lapangan dan membuat makalah laporan diskusi mengenai sistem data base, maintenance system, dan pemanfaatan internet di bidang TIK. Semoga kiranya kegiatan - kegiatan positif semacam ini terus dapat ditingkatkan frekuensi dan strategi pengkemasannya untuk dapat menciptakan aparatur negara yang lebih berkompetensi lagi dalam melayani masyarakat. (WeeR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar